Jumat, 28 Maret 2014

5mm.. ^_^


5mm..
persahabatan, mimpi dan petualangan.

Terinspirasi dari kisah nyata 5cm., entah bagaimana awal mulanya tapi inilah 5mm.. Suatu kebetulan atau takdir yang mungkin tak pernah dipikirkan siapa pun diantara kita. Dengan latar belakang yang sama tapi sifat dan karakter yang tentunya berbeda, terbentuklah 5mm.. Berbeda dengan tulisan tentang 5mm sebelumnya yang masih awal banget dan baru ada satu petualangan yang mengawali terbentuknya 5mm, berikut ini video yang menggambarkan perjalanan 5mm setelah 1 tahun ada. Hmm, memang tidak terlalu rinci tapi setidaknya setiap foto dalam video mempunyai kisah masing-masing. Video cuplikan 5mm ini merupakan video yang pertama kali aku buat jadi memang masih sangat sederhana (hehe, masih amatir).

Kutulis blog ini dan ku upload video ini sebagai penawar rinduku pada mereka 5mm..
Sekarang ku mengerti kata "Sahabat memang tak harus selalu bersama". Terkadang kita butuh waktu untuk tidak terus bersama dulu, waktu untuk fokus pada masa depan masing-masing, waktu untuk mengejar mimpi-mimpi kita yang lainnya. Hmm, pas banget nie, lagi nulis blog ini ditemani lagu ost 5cm "Di Atas Awan" by Nidji :)

Cinta satukan hati

Kuatkan jiwa menghadapi dunia
Segala cinta dan luka
Kuatkan semua persahabatan

Kita penantang impian
Di atas awan kita kan menang
Kita penakluk dunia
Di atas awan kita kan menang, menang

Bila kau merasa sedih
Ingatlah bahwa kau tak sendiri
Tanpamu tak akan sama, tanpamu semua berbeda
Kisahmu juga kisahku, selalu bersama

Kita penantang impian
Di atas awan kita kan menang
Kita penakluk dunia
Di atas awan kita kan menang, menang

Melangkah di bawah mentari yang sama
Mencari tempat kita di masa depan
Berjanji kita tak akan putus asa
Walaupun semua tak akan mudah

Kita penantang impian
Di atas awan kita kan menang
Kita penakluk dunia
Di atas awan kita kan menang, menang

Ehm, sepertinya lirik di atas udah lengkap banget, udah cukup menggambarkan apa yang tadinya mau aku tulis.
Selamat menjalankan rutinitas sehari-hari 5mm, semoga sennatias dimudahkan oleh Allah SWT. Buat Kak Ade, Kak Agus, Kak Rizal, Kak Laras, semoga diberi kemudahan untuk skripsinya, bisa cepat lulus sarjana di waktu yang tepat ya Kak, Amiiin. Buat Ali, semoga diberi keteguhan hati untuk menjalankan amanahnya di Fakultas, memikirkan kepentingan orang lain itu memang harus Li sebagai wakil dari mereka tapi jangan lupa kalau Ali juga punya kepentingan pribadi yang perlu dilihat juga, remember Li "Family is number one" :)

Hmm, kangeeeeen 5mm.. dengan seribu kepolosan dan kealayannya ^_^
Bang Genta --> Kak Ade Nurjaman
Bang Arial --> Kak Agus Harianto
Bang Zafran ---> Kak M. Rizal Izzati
Bang Ian --> M. Ali Mahmudin
Kak Riani --> Kak Laras Lestari

"Kunci dari Kebahagiaan adalah melakukan sesuatu yang kita sukai bersama dengan orang-orang yang kita sayangi, walaupun itu sederhana."

#5mm
Persahabatan, Mimpi, dan Petualangan


Jumat, 14 Maret 2014

Pencarian Makna kata "Kesejahteraan" :)


Apa sie sebenernya arti kata "Sejahtera" atau Kesejahteraan"??


Sederhana katanya hanya "Kesejahteraan", tapi entah kenapa kata-kata itu amat penting sekaligus berat bagiku. Kata "Kesejahteraan" pula yang sedang Aku pelajari, pahami, dan terapkan dalam kehidupn sehari-hari saat ini. Kata "Kesejahteraan" bisa memotivasiku untuk selalu ikhlas dalam menjalankan suatu amanah. Kata "Kesejahteraan" pula yang Aku cari selama ini dalam berorganisasi. Makna atau arti kata "Kesejahteraan" yang sebenarnya. Mencoba menyatukan keping-keping makna sebenarnya dari kata "Kesejahteraan". Bukan sama rata atau porsi yang sama "kesejahteraan" itu. Karena sama rata atau porsi yang sama itu arti kata "adil". Tentunya adil itu berbeda dengan "kesejahteraan". Hmm, baru aku sadari juga hal ini. Tak mudah ternyata untuk membedah makna dari satu kata "kesejahteraan".


Dimulai pertama masuk IPB, mencoba mengenal arti kata "kesejahteraan" dengan bergabung dengan Dewan Perwakilan Mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama. Kemudian ditahun kedua coba nge-poin makna kata"kesejahteraan" dengan bergabung di Paguyuban Bidikmisi IPB dan coba mencari tahu arti kata "kesejahteraan" di Direktorat Kemahasiswaan IPB. Complicated sekali ternyata,hwaaaaa :O

Kemudian ditahun ketiga ini mencoba mendalaminya di Kementrian Kebijakan Kampus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor "Berani Beda".

Terkadang merasa putus asa untuk terus mewujudkan "kesejahteraan" itu sendiri. Karena merasa aku tak akan bisa, aku tak akan bertahan, aku terlalu mudah untuk menyerah. Coba mencari motivasi apa ya yang bisa membuatku tetap semangaat mencari makna "kesejahteraan" dan terus berusaha mewujudkannya dalam semua kondisi dan dimanapun tempatnya.

Sekarang aku mengerti dan paham bahwa "kesejahteraan" itu sejatinya adalah keadaan di mana mampu berbagi dan saling memberi walaupun hanya senyuman :) (red:kebahagiaan)...
Arti kata "kesejahteraan" di atas merupakan inspirasi dari Kak Achmad Firman UI 2008 seorang fasilitator Beastudi MUDA PKPU yang benar-benar membuka suatu tirai jendela yang selama ini tertutup untuk memahami arti kata "Kesejahteraan" itu apa. :D Terima kasih Kakak sudah membantu Mun walaupun secara tak langsung untuk memahami arti kata "Kesejahteraan"

Kedua, jendela yang selama ini tertutup oleh sebuah tirai di mana tirai tersebut sudah terbuka tapi tidak untuk jendelanya dan akhirnya aku temukan pembuka jendela tersebut. Sebuah video yang menurutku sangat menggambarkan makna dari kata "kesejahteraan". Video ini sempat membuat air mataku menetes karena aku sangat ingin kesejahteraan dalam video tersebut bisa ada di sini, di sana dan di manapun setiap sudut tempat. Video ini pula yang membuatku yakin inilah "kesejahteraan". Berani saling berbagi (BeraniCare), berani saling memberi, berani saling mengingatkan dalam hal kebaikan, dan yang paling penting adalah berani untuk memulai kebaikan tersebut. Video ini aku peroleh dari Menteri Kebijakan Kampus BEM KM IPB 2014_Kakak Ranger Jakpus Merah_Kak Muklis Abdulatip. Terima kasih ya Kak untuk videonya ^_^
Singkat, sederhana tapi mengena :)

Sekarang aku mengerti dan memahami sesungguhnya makna "kesejahteraan" itu. Dan sekarang saatnya untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari...
Bismillah..
Semoga Allah senantiasa meridhoi hari-hari kita semua, amiiiin :)
#Senantiasa bersyukur apapun itu..
#terusemangaterus